Simupha Go to Japan

simupha.co.id – SMK Inovasi Muhammadiyah 4 telah melaksanakan Kesepahaman Kerjasama, dengan Asosiasi Sekolah Vokasi Perfektur Kagawa dan, Kerjasama Partnership dengan Sekolah Vokasi Anabuki College Takamatsu bersama pimpinan Anabuki Mr. YASUYOSHI OHIRA untuk jurusan Keperawatan Medis, Keperawatan Lansia, teknologi dan Bisnis sesuai dengan kebijakan yang dibuka oleh pemerintah Jepang untuk kebutuhan tenaga Asing bekerja di Jepang.

Fungsi dan Tujuan ke Jepang juga yaitu untuk mempermudah dan memfasilitasi para siswa SMK Inovasi Muhammadiyah 4, yaitu untuk melanjutkan Study Vokasi D2-D3 di Jepang sesuai dengan peminatan, serta mendapatkan pekerjaan yg tepat sesuai kompetensinya baik pada saat Study maupun setelah lulus di Takamatsu maupun wilayah Perfektur Kagawa untuk masa depan yg lebih baik.

Takamatsu adalah kota yang tidak terlalu ramai penduduknya hanya 420 ribu jiwa berada di tepi laut dalam yang sangat hangat cuacanya serta biaya hidup yang lebih murah dibandingkan kota besar lain di Jepang seperti,Tokyo maupun Osaka. Sebagaimana wilayah lain Takamatsu juga mengalami waktu 4 musim (salju, gugur, semi, dan panas) tetapi rata2 suhu paling tinggi di Takamatsu hanya di 10° Celcius di musim panas, namun dihari kami disana suhu berkisar 0°-5° Celcius. Takamatsu juga tempat yg sangat indah selain dengan bunga sakuranya juga banyak taman-taman terkenal dunia dan wisata laut serta pulaunya.

Pemerintah Jepang melalui walikota Takamatsu ketika menerima delegasi Indonesia Mr. OHNISHI HIDETO dengan penuh persahabatan termasuk SMK Muhammadiyah 4 Cileungsi, menyampaikan kepada seluruh anak muda Indonesia lulusan SMK diberikan, kesempatan luas untuk belajar di sekolah Vokasi Jepang khususnya Takamatsu agar mereka bisa mengisi pekerjaan yang masih banyak dibutuhkan SDM nya oleh tenaga kerja Asing termasuk Indonesia.
sistem belajar di Anabuki College setiap calon siswa harus masuk sekolah bahasa selama 1 tahun sampai level N2 kemampuan bahasa Jepangnya. setelah itu masuk ke sekolah vokasi sesuai peminatan yang masuk dalam MOU SMK Muhammadiyah 4 Cileungsi dan Anabuki College selama 2 tahun. Jam belajar di Anabuki College hanya 4 jam per hari sisa waktunya bisa digunakan untuk part time job untuk membiayai perkuliahan dan kebutuhan lainnya. tambahannya gaji rata part time job selama masih sekolah antara 10-15 juta per bulan, dengan gaji tersebut mereka masih bisa menabung dan memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk asuransi, biaya apartemen. setelah lulus mereka bisa melanjutkan pekerjaan secara permanen di takamatsu maupun wilayah jepang yang lain dengan gaji yang lebih tinggi dari partime job. kisaran gaji setelah full time bekerja antara 24-28 juta per bulan serta punya kesempatan untuk naik grid pada jabatan pekerjaan.

Ini adalah kesempatan bagus bagi anak muda khususnya bagi SMK karena siap kerja,peluang disini sangat besar walaupun aga susah ini seharusnya bisa jadi acuan untuk semangat menggapai cita-cita mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *