SMK Muhammadiyah 4 Cileungsi Menggandeng IDUKA

simupha.co.id – SMK Muhammadiyah 4 Cileungsi mengadakan penandatanganan nota kesepahaman dengan Dunia Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) pada Kamis 10 Desember 2020, di gedung SMK Muhammadiyah Cileungsi,

Kegiatan ini bertujuan agar siswa SMK Muhammadiyah 4 Cileungsi dapat melakukan pembelajaran, PKL, dan sebagainya sesuai dengan IDUKA dan dapat mengasah/menambah kompetensi keahlian bagi siswa/i. Disisi lain guru SMK Muhammadiyah 4 Cileungsi juga dapat diberikan kesempatan dalam pelatihan di IDUKA.

“SMK Muhammadiyah 4 menjadi salah satu SMK yang berani melangkah lebih dulu tanpa mendapat bantuan dari pemerintah,” ujar Ibu Dina Martha Tiraswati selaku pengawas SMK KCD Wilayah I usai menghadiri Penandatanganan Nota Kesepahaman Kelas Industri dan Sertifikasi IDUKA antara SMK Inovasi Muhammadiyah 4 Cileungsi (10/12).

Target kedepannya para lulusan SMK Muhammadiyah 4 dapat pengalaman dalam dunia kerja. Industri inilah yang nantinya akan mendampingi sekolah-sekolah agar siswa/i dari SMK Muhammadiyah 4 ini terjamin dalam segi pendidikannya, lulusannya,dan sebagainya.

“Kami bersyukur bahwa acara ini bisa dihadiri oleh Bapak kepala cabang dinas pendidikan wilayah 1 kemudian dihadiri oleh bapak/ibu kepala sekolah SMK di korwil Cileungsi, kemudian dihadiri juga oleh pihak industri yang semuanya itu menyaksikan bersama penandatanganan MOU tadi” Tambah Beliau.

Ditempat yang sama juga dihadiri oleh Ketua KCD Wilayah I Provinsi Jawa Barat Bapak Drs. Dadang Sufyan Saifullah, M.Pd. mengatakan saat ini Mentri Pendidikan dan Kebudayaan tengah fokus dalam mengembangkan SMK.

“Berbeda dengan sekolah menengah atas atau umum, lulusan SMK 80 persen harus siap bekerja,” ujar beliau.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah 4 Cileungsi Bapak Eko Endro Purnomo, SE. M.Pd. mengatakan, nota kesepahaman ini merupakan proses kerjasama dalam peningkatan kompetensi para murid SMK sehingga lulusannya telah siap bersaing dan seirama sesuai kebutuhan di dunia industri.

“Kelas industri ini akan dimanfaatkan sebagai tempat belajar dan praktik selama dua tahun dan diatur dalam kurikulum,” tambahnya.

“Harapan kedepannya untuk kerjasama industri ini semoga berkelanjutan jadi tidak hanya ditahun 2020 saja tapi bisa ditahun-tahun berikutnya dan bertambah industri-industri lainnya yang bisa bekerja sama dengan SMKM 4 Cileungsi” Ucap Ibu Dina menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *